PENGUKURAN KINERJA
DINAS PERHUBUNGAN

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
3.1 MENINGKATNYA INFRASTRUKTUR LAYANAN PUBLIK YANG TERPADU DAN TERINTEGRASI SUB SEKTOR PERHUBUNGAN
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: MENINGKATNYA INFRASTRUKTUR LAYANAN PUBLIK YANG TERPADU DAN TERINTEGRASI SUB SEKTOR PERHUBUNGAN
1.1 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Jalan
 
# Indikator
1.1.1 Kinerja Pelayanan Lalu Lintas
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 -
TW4 Nilai A (0,20)
1.2 Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Dinas Perhubungan
 
# Indikator
1.2.1 Nilai SAKIP Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 -
TW4 Nilai BB (77)
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya Kualitas Pelayanan Jalan
1.1 Menurunnya Kemacetan pada Jam Sibuk Lalu Lintas
 
# Indikator
1.1.1 Persentase penurunan titik kemacetan yang tertangani pada jam sibuk Lalu lintas
TargetRealisasi Capaian
TW1 14,29% (3 titik kemacetan dari 21 titik kemacetan) 14,29% (3 titik kemacetan dari 21 titik kemacetan) 100%
TW2 33,33% (7 titik kemacetan dari 21 titik kemacetan) 28,57% (6 titik kemacetan dari 21 titik kemacetan) 85,72%
TW3 52,38
TW4 66,67% (14 titik kemacetan yang tertangani)
1.2 Berkurangnya Tingkat Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas
 
# Indikator
1.2.1 Persentase Tingkat Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Kegiatan Uji Laik Fungsi LLAJ 1 Kegiatan Uji Laik Fungsi LLAJ 100%
TW2 2 Kegiatan Uji Laik Fungsi LLAJ 2 Kegiatan Uji Laik Fungsi LLAJ 100%
TW3 3 Kegiatan Uji Laik Fungsi LLAJ
TW4 9,8% tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas
1.3 Meningkatnya Ketersediaan Sarana dan Prasarana Perhubungan
 
# Indikator
1.3.1 Persentase Sarana dan Prasarana perhubungan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 kegiatan perencanaan pengadaan prasarana 1 kegiatan perencanaan pengadaan prasarana 100%
TW2 1 kegiatan persiapan pengadaan prasarana 1 kegiatan persiapan pengadaan prasarana 100%
TW3 1 kegiataan pengadaan prasarana
TW4 60,01%
Sasaran 2: Meningkatnya Akuntabilitas Kinerja Dinas Perhubungan
2.1 Terlaksananya Program Dan Kegiatan Sesuai Dokumen Perencanaan
 
# Indikator
2.1.1 Persentase program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 program dan 1 kegiatan terlaksana 1 program dan 1 kegiatan terlaksana 100%
TW2 1 program dan 5 kegiatan terlaksana 1 program dan 5 kegiatan terlaksana 100%
TW3 2 program dan 10 kegiatan terlaksana
TW4 100% pelaksanaan program dan kegiatan
2.2 Meningkatnya Evaluasi Internal Kinerja Pegawai
 
# Indikator
2.2.1 Jumlah kinerja pegawai yang sesuai target
TargetRealisasi Capaian
TW1 56 Pegawai Dinas Perhubungan 56 Pegawai Dinas Perhubungan 100%
TW2 56 Pegawai Dinas Perhubungan 55 Pegawai Dinas Perhubungan 98,21%
TW3 56 Pegawai Dinas Perhubungan
TW4 56 Pegawai Dinas Perhubungan
2.3 Meningkatnya Kualitas Laporan Kinerja
 
# Indikator
2.3.1 Persentase laporan kinerja sesuai yang terukur
TargetRealisasi Capaian
TW1 3 Laporan kinerja 3 Laporan kinerja 100%
TW2 6 Laporan kinerja 6 Laporan kinerja 100%
TW3 9 Laporan kinerja
TW4 100%
2.4 Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
 
# Indikator
2.4.1 Jumlah laporan kinerja yang dipublikasi
TargetRealisasi Capaian
TW1 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan 100%
TW2 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan 100%
TW3 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan
TW4 1 Dokumen
2.5 Meningkatnya Pegawai Dengan Kinerja Baik
 
# Indikator
2.5.1 Persentase pegawai dengan kinerja baik
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% pegawai berkinerja baik 100 % (56 pegawai dari 56 pegawai) 100%
TW2 100% pegawai berkinerja baik 98,18% (54 pegawai dari 55 pegawai) 98,18%
TW3 100% pegawai berkinerja baik
TW4 100% pegawai berkinerja baik
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Menurunnya Kemacetan pada Jam Sibuk Lalu Lintas
1.1 Terlaksananya Penertiban parkir
 
# Indikator
1.1.1 Persentase penertiban parkir
TargetRealisasiCapaian
TW1 23,66% (22 titik parkir yang ditertibkan dari 93 titik parkir) 23,66% (22 titik parkir ditertibkan dari 93 titik 100%
TW2 47,31% (44 titik parkir yang ditertibkan dari 93 titik parkir) 45,16% (42 titik parkir ditertibkan dari 93 titik 95,46%
TW3 73,12% (68 titik parkir yang ditertibkan dari 93 titik parkir)
TW4 100% penertiban parkir liar dan penertiban titik parkir
1.2 Terlaksananya pengembangan jaringan lalu lintas untuk menghubungkan wilayah di Kabupaten
 
# Indikator
1.2.1 Persentase Dokumen Andalalin yang disetujui
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% (5 dok andalalin diajukan= 5 dok disetujui) 100%
TW2 100% - -
TW3 100%
TW4 100% dokumen andalalin yang disetujui
1.3 Tersedianya Transportasi/ Angkutan Umum yang nyaman, aman dan murah
 
# Indikator
1.3.1 Rasio Konektivitas Kabupaten
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 kegiatan Pemantauan trayek angkutan 1 kegiatan Pemantauan trayek angkutan 100%
TW2 2 kegiatan Pemantauan trayek angkutan 2 kegiatan Pemantauan trayek angkutan 100%
TW3 3 kegiatan Pemantauan trayek angkutan
TW4 0,44 rasio konektivitas kabupaten
1.4 Meningkatnya penerbitan izin trayek
 
# Indikator
1.4.1 Rasio Izin trayek
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 Kegiatan Survei Angkutan Umum 2 Kegiatan Survei Angkutan Umum 100%
TW2 4 Kegiatan Survei Angkutan Umum 4 Kegiatan Survei Angkutan Umum 100%
TW3 6 Kegiatan Survei Angkutan Umum
TW4 0,0000125 rasio izin trayek
Program 2: Berkurangnya Tingkat Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas
2.1 Tersedianya Angkutan Umum dan Angkutan Barang yang Laik Jalan
 
# Indikator
2.1.1 Persentase Angkutan Umum dan Angkutan Barang yang Laik Jalan
TargetRealisasiCapaian
TW1 26,74% (7700 Unit kendaraan dari 28.800) 26,43% (7612 Unit kendaraan dari 28.800) 98,84%
TW2 51,74% (14.900 unit kendaraan dari 28.800) 51,99% (14.973 unit kendaraan dari 28.800) 100,48%
TW3 76,74% (22.100 unit kendaraan dari 28.800)
TW4 100% angkutan umum dan angkutan barang laik jalan
2.2 Terlaksananya audit keselamatan angkutan jalan
 
# Indikator
2.2.1 Persentase Kendaraan yang memenuhi persyarataan keselamatan
TargetRealisasiCapaian
TW1 2,19% (450 unit kendaraan dari 20.550 unit kendaraan) 2,04% (420 unit kendaraan dari 20.550 unit kendara 93,15%
TW2 4,43% (910 unit kendaraan dari 20.550 unit kendaraan) 4,36% (895 unit kendaraan dari 20.550 unit kendara 98,42%
TW3 6,72% (1380 unit kendaraan dari 20.550 unit kendaraan)
TW4 9% (1850 unit kendaraan dari 20.550 unit kendaraan)
Program 3: Meningkatnya Ketersediaan Sarana dan Prasarana Perhubungan
3.1 Meningkatnya pemanfaatan/pengelolaan terminal penumpang angkutan umum Tipe C
 
# Indikator
3.1.1 Persentase Layanan Angkutan Darat
TargetRealisasiCapaian
TW1 7% (13.504 unit angkutan darat =193.000 penumpang) 6,99% (13.504 angkutan darat=193.076 penumpang) 99,86%
TW2 1,59% (13.504 unit angkutan darat = 850.000 penumpang) 1,59% (13.504 angkutan darat = 849.946 penumpang) 99,92%
TW3 0,87% (13.504 unit angkutan darat = 1.550.000 penumpang)
TW4 0,60% ((13.504 unit angkutan darat = 2.250.000 penumpang)
3.2 Terlaksananya penataan manajemen rekayasa lalu lintas
 
# Indikator
3.2.1 Persentase Pelaksanaan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas
TargetRealisasiCapaian
TW1 6,67% (5 unit traffic light = 1 unit traffic light) 6,67% (5 unit traffic light = 1 unit traffic light 100%
TW2 40% (5 unit traffic light = 2 unit traffic light) 40% (5 unit traffic light = 2 unit traffic light) 100%
TW3 80% (5 unit traffic light = 4 unit traffic light)
TW4 100% (5 unit traffic light)
3.3 Tersedianya Perlengkapan jalan yang memadai
 
# Indikator
3.3.1 Persentase perlengkapan jalan yang terpasang dan berfungsi baik
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% (886 Unit) 100% (886 unit perlengkapan jalan) 100%
TW2 100% (886 Unit) 100% (886 unit perlengkapan jalan) 100%
TW3 100% (996 unit)
TW4 100% (1.032 unit)
Program 4: Terlaksananya Program Dan Kegiatan Sesuai Dokumen Perencanaan
4.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuanĀ 
 
# Indikator
4.1.1 Jumlah dokumen perencanaan sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 dokumen SAKIP 100%
TW2 2 Dokumen - -
TW3 3 Dokumen
TW4 4 Dokumen
4.1 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
 
# Indikator
4.1.1 Jumlah kegiatan monitoring pelaksanan program dan kegiatan
TargetRealisasiCapaian
TW1 23 Kegiatan monitoring 23 Kegiatan monitoring 100%
TW2 28 Kegiatan monitoring 27 Kegiatan monitoring 96,43%
TW3 33 Kegiatan monitoring
TW4 38 Kegiatan monitoring
Program 5: Meningkatnya Evaluasi Internal Kinerja Pegawai
5.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
 
# Indikator
5.1.1 Jumlah laporan kegiatan monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 56 Laporan kinerja pegawai 56 Laporan kinerja pegawai 100%
TW2 56 Laporan kinerja pegawai 55 Laporan kinerja pegawai 98,21%
TW3 56 Laporan kinerja pegawai
TW4 56 Laporan kinerja pegawai
5.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
 
# Indikator
5.2.1 Persentase kinerja pegawai yang ditindaklanjuti
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi 1 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi 100%
TW2 2 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi 2 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi 100%
TW3 3 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi
TW4 100% penindaklanjutan kinerja pegawai
Program 6: Meningkatnya Kualitas Laporan Kinerja
6.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
 
# Indikator
6.1.1 Jumlah dokumen yang diverifikasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan 1 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan 100%
TW2 2 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan 2 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan 100%
TW3 3 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan
TW4 1 dokumen LKPJ
6.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
 
# Indikator
6.2.1 Jumlah laporan kinerja sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 56 laporan kinerja pegawai 56 laporan kinerja pegawai 100%
TW2 56 laporan kinerja pegawai 55 laporan kinerja pegawai 98,21%
TW3 56 laporan kinerja pegawai
TW4 56 laporan kinerja pegawai
Program 7: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
7.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah media publikasi yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan 100%
TW2 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan 100%
TW3 Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan
TW4 4 media publikasi
Program 8: Meningkatnya Pegawai Dengan Kinerja Baik
8.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
 
# Indikator
8.1.1 Jumlah pegawai yang menerima penghargaan
TargetRealisasiCapaian
TW1 336 Pegawai 167 pegawai 49,70%
TW2 784 Pegawai 497 pegawai 63,39%
TW3 1120 Pegawai
TW4 1456 Pegawai
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Menurunnya Kemacetan pada Jam Sibuk Lalu Lintas
1.1 Terlaksananya Penertiban parkir
  Triwulan 1 tercapai sebesar 100% sesuai dengan target dengan titik parkir yang ditertibkan sebanyak 22 titik dari 93 titik parkir. Triwulan 2 tercapai hanya sebesar 95,46% dari 44 titik parkir yang ditargetkan hanya sebanyak 42 titik parkir yang ditertibkan karena kurang koordinasi antara pihak pengelola dengan dinas perhubungan Kabupaten Gowa
1.2 Terlaksananya pengembangan jaringan lalu lintas untuk menghubungkan wilayah di Kabupaten
  kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan khususnya bidang Lalu Lintas guna melakukan evaluasi terhadap dokumen andalalin yang diajukan dan terdapat 5 ajuan dokumen andalalin dan telah dilakukan persetujuan atas 5 hasil dokumen andalalin tersebut sehingga capaian pada triwulan pertama sebesar 100%. Pada triwulan 2 tidak terdapat adanya pengajuan dokumen andalalin sehingga realisasi capaian kinerja pada triwulan ini tidak ada.
1.3 Tersedianya Transportasi/ Angkutan Umum yang nyaman, aman dan murah
  Tiap triwulan bidang angkutan melakukan 1 kegiatan Pemantauan trayek angkutan, sehingga capaian hingga di triwulan 2 sebesar 2 kegiatan Pemantauan trayek angkutan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Gowa.
1.4 Meningkatnya penerbitan izin trayek
  Tiap triwulan bidang angkutan melakukan 2 Kegiatan Survei Angkutan Umum guna mengetahui izin trayek yang dikeluarkan, sehingga pada triwulan 2 telah melakukan 4 Kegiatan Survei Angkutan Umum.
Program 2: Berkurangnya Tingkat Fatalitas Kecelakaan Lalu Lintas
2.1 Tersedianya Angkutan Umum dan Angkutan Barang yang Laik Jalan
  Kegiatan kepemilikan KIR merupakan kegiatan teknis yang sangat menunjang dalam penyediaan angkutan umum dan angkutan barang yang laik jalan, oleh karenanya kegiatan ini berjalan berkesinambungan dengan pencapaian sebesar 98,84% di triwulan 1 dengan jumlah kendaraan yang melakukan Uji KEUR sebanyak 7.612 kendaraan dari yang ditargetkan sebesar 7.700 unit kendaraan. Pada Triwulan II realisasi sebesar 100,48% atau sejumlah 14.973 unit jumlah kendaraan yang telah melakukan uji KEUR dan dinyatakan lulus uji.
2.2 Terlaksananya audit keselamatan angkutan jalan
  Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh bidang lalu lintas terkait pemeriksaaan kendaraan/ angkutan jalan. Pada triwulan pertama telah dilaksanakan kegiatan pengawasan dengan target kendaraan 450 unit dan terperiksa juga sebesar 420 unit atau sebesar 93,15%, dan dari jumlah tersebut terjaring sekitar 10-15 unit kendaraan. Sedangkan di triwulan 2 terperiksa sebanyak 895 unit dari target sebanyak 910 unit kendaraan dengan capaian 98,42%
Program 3: Meningkatnya Ketersediaan Sarana dan Prasarana Perhubungan
3.1 Meningkatnya pemanfaatan/pengelolaan terminal penumpang angkutan umum Tipe C
  Berdasarkan Data yang diperoleh dari Bidang Angkutan diketahui bahwa jumlah angkutan darat sebanyak 13.504 unit kendaraan, dan bsesuai dengan kegiatan pendataan jumlah penumpang ditriwulan 1 diperoleh jumlah penumpang sebanyak 193.076 orang sehingga capaian kinerja persentase layanan angkutan darat diperoleh sebesar 99,86%. Pada triwulan kedua diperoleh data total jumlah seluruh penumpang sebanyak 849.946 orang dengan capaian sebanyak 99,92% .
3.2 Terlaksananya penataan manajemen rekayasa lalu lintas
  Persentase pelaksanaan manajemen rekayasa lalu lintas didarkan pada kegiatan pemeliharaan lampu traffic ligt dan lampu PJU, sehingga untuk capaian di triwulan 1 sebesar 100% dengan target pemeliharaan 1 unit traffic light. Capaian pada triwulan 2 sebesar 100% dengan pemeliharaan sebanyak 2 unit traffic light hingga di triwulan ini.
3.3 Tersedianya Perlengkapan jalan yang memadai
  Perlengkapan jalan yang terpasang disepanjang wilayah Kabupaten gowa diharapkan dapat terpasang dan berfungsi baik, dan bila terdapat laporan kerusakan akan segera ditindak lanjuti oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa. Hal ini dapat dilihat pada capaian kinerja di triwulan 1 dan 2 yakni sebesar 100%, dengan kesimpulan sebanyak 886 unit perlengkapan jalan yang terpasang dapat berfungsi dengan baik
Program 4: Terlaksananya Program Dan Kegiatan Sesuai Dokumen Perencanaan
4.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuanĀ 
  Realisasi Sasaran Kegiatan pada triwulan pertama tercapai sesuai target, yakni terselesaikannya 1 dokumen SAKIP karena didukung oleh kerjasama antar bidang dan Sub Bagian pada SKPD Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa. Sedangkan pada Triwulan kedua realisasi penyelesaian 1 dokumen RENJA Dinas Perhubungan masih dalam proses pembuatan sehingga capaian kinerja di triwulan kedua belum ada.
4.1 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
  Realisasi kegiatan ini pada triwulan 1 yakni sebesar 23 kegiatan dengan capaian 100% dari yang ditargetkan. Kegiatan monitoring yang dilaksanakan dalam rangka survey pemasanagan lampu PJU, survey pemasangan rambu dan survey titik parkir di sejumlah kecamatan yang tersebar di seluruh kabupaten Gowa, juga merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk pemantauan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa. Realisasi kegiatan ini pada triwulan kedua yakni sebesar 27 kegiatan monitoring dari 28 kegiatan monitoring yang ditargetkan, sehingga pencapaian realisasi sebesar 96,43%
Program 5: Meningkatnya Evaluasi Internal Kinerja Pegawai
5.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
  Realisasi kegiatan ini pada triwulan 1 tercapai sebesar 56 laporan capaian kinerja pegawai atau mencapai 100% dari target, hal ini dikarenakan terjadwalnya pelaksanaan capaian kinerja pegawai serta adanya kerjasama dan koordinasi dari bidang, Sub Bagian dan seluruh staff pada Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa. Realisasi kegiatan ini pada triwulan 2 tercapai sebesar 55 laporan capaian kinerja pegawai atau mencapai 96,43% dari yang ditargetkan.
5.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
  Pada tiap triwulan dilakukan 1 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan, sehingga capaian di triwulan 1 di triwulan 2 telah melakukan total 2 Kegiatan Penilaian dan Evaluasi masing-masing sebesar 100%
Program 6: Meningkatnya Kualitas Laporan Kinerja
6.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
  Kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa ke bagian organisasi, sehingga capaian di triwulan 1 hingga triwulan 2 telah terlaksana sebanyak 2 kegiatan asistensi laporan kinerja triwulan atau sebesar 100%
6.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
  Realisasi kegiatan ini pada triwulan 1 tercapai sebesar 100%, adanya pelaporan hasil kinerja yang sesuai dengan ketentuan yang dilaporkan oleh 56 staff dinas perhubungan Kabupaten Gowa pada setiap triwulan menunjang pencapaian kinerja pada kegiatan ini. Realisasi kegiatan ini pada triwulan 2 tercapai sebesar 98,21% dari yang ditargetkan disebabkan berkurangnya staff Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa sebanyak 1 orang dikarenakan meninggal dunia.
Program 7: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
7.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
  Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa setiap triwulan, melalui media publikasi diantaranya adalah aplikasi eSAKIP-Gowa, e-SAKIP Reviu, ,Rewako, dan aplikasi SIPD RI. Capaian hingga triwulan 2 ini sebesar 100%, dengan pelaksanaan Kegiatan monitoring kinerja program dan kegiatan.
Program 8: Meningkatnya Pegawai Dengan Kinerja Baik
8.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
  Penghargaan kepada pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa, untuk saat ini masih berdasar pada pemberian gaji beserta tunjangan dan tunjangan lain-lain (TPP). Pada triwulan 1 telah ditargetkan pemberian gaji dan TPP sebanyak 336 pegawai, namun di triwulan pertama pemberian TPP belum berjalan sehingga hanya diberikan gaji saja sehingga capaian hanya sebesar 49,70%. Pada triwulan 2 Realisasi Sasaran Kegiatan sebesar 497 Pegawai dari yang ditargetkan pula sebesar 784 pegawai sehingga capaian hanya sebesar 63,39% hal ini dikarenakan ada pegawai Dinas Perhubungan yang meninggal dunia.