PENGUKURAN KINERJA
Dinas Perdagangan dan Perindustrian

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
2.1 Meningkatkan Nilai PDRB Sub Sektor Perdagangan
2.2 Meningkatkan Nilai PDRB Sub Sektor Perindustrian
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: Meningkatkan Nilai PDRB Sub Sektor Perdagangan
1.1 Meningkatnya Nilai EKspor dan Pasar yang Representatif
 
# Indikator
1.1.1 Nilai Ekspor Bersih
TargetRealisasi Capaian
TW1 $ 725.000 $ 865.360 119,36 %
TW2 $ 1.450.000 $1.276.584 88,04 %
TW3 $ 2.175.000
TW4 $ 2.900.000
1.1.2 Presentase Pasar yang Representatif
TargetRealisasi Capaian
TW1 15,9 % 17,3 % 108,8 %
TW2 31,8 % 32,5 102,02 %
TW3 47,7 %
TW4 63,6 %
Tujuan 2: Meningkatkan Nilai PDRB Sub Sektor Perindustrian
2.1 Meningkatnya Pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah
 
# Indikator
2.1.1 Pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah (IKM)
TargetRealisasi Capaian
TW1 3,5 % 4 % 114,3 %
TW2 7 % 7,5 % 107,14%
TW3 10,5 %
TW4 14 %
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya Nilai EKspor dan Pasar yang Representatif
1.1 Tersedianya Akses Kemudahan Perdagangan
 
# Indikator
1.1.1 Presentase Pelaku Usaha yang memperoleh izin sesuai ketentuan
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
1.2 Meningkatnya Sarana Distribusi Perdagangan
 
# Indikator
1.2.1 Presentase sarana Distribusi Perdagnagn dalam Kondisi Baik
TargetRealisasi Capaian
TW1 17% 18,5 % 108,82 %
TW2 34 % 36,5 % 107,35 %
TW3 51 %
TW4 68,5 %
1.3 Stabilnya Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
 
# Indikator
1.3.1 Indeks Kesesuain Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
TargetRealisasi Capaian
TW1 1% 1% 100%
TW2 1% 1 % 100%
TW3 1%
TW4 1%
1.4 Meningkatnya Komoditi Ekspor
 
# Indikator
1.4.1 Jumlah Volume Ekspor
TargetRealisasi Capaian
TW1 300.000 Ton 354.000Ton 115 %
TW2 600.000 Ton 567.200 Ton 94,53%
TW3 900.000 Ton
TW4 1.200.000 Ton
1.5 Terjaminnya Alat UTTP dalam aktifitas ekonomi
 
# Indikator
1.5.1 Persentase Alat UTTP bertanda tanda sah yang berlaku
TargetRealisasi Capaian
TW1 17,5 % 18,35 % 104,86 %
TW2 35 % 35,85 % 102,42 %
TW3 52,5 %
TW4 70,5 %
Sasaran 2: Meningkatnya Pertumbuhan Industri Kecil dan Menengah
2.1 Meningkatnya Industri Kecil dan Menengah
 
# Indikator
2.1.1 Persentase Pengembangan Industri Kecil dan Menengah
TargetRealisasi Capaian
TW1 4,75 % 4 % 84,2%
TW2 9,5 % 10,5 % 110,5 %
TW3 14,25 %
TW4 19 %
2.2 Meningkatnya Penggunaan Produk Dalam Negeri
 
# Indikator
2.2.1 Presentase Pemanfaatan peoduk dalam Negeri
TargetRealisasi Capaian
TW1 4,25 % 3,85 % 90,58 %
TW2 8,5 % 8,6% 101,17%
TW3 12,75 %
TW4 17 %
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Tersedianya Akses Kemudahan Perdagangan
1.1 Tersedianya surat tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) yang diterbitkann
TargetRealisasiCapaian
TW1 5 STPW 5 STPW 100%
TW2 10 STPW 9 STPW 90 %
TW3 15 STPW
TW4 20 STPW
Program 2: Meningkatnya Sarana Distribusi Perdagangan
2.1 Tersedianya pembinaan Pengelolaan Sarana Distribusi perdagangan
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah pengelola Sarana Distribusi Perdagangan yang dibina
TargetRealisasiCapaian
TW1 8 Pasar 8 Pasar 100%
TW2 16 Pasar 16 Pasar 100%
TW3 24 Pasar
TW4 32 Pasar
Program 3: Stabilnya Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
3.1 Terjaminya Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
 
# Indikator
3.1.1 Persentase Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting di tingkat daerah Kabupaten/Kota
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
3.2 Terkendalinya Harga Stock barang Keutuhan Pokok dan Barang Penting
 
# Indikator
3.2.1 Persentase Pengendalian Harga dan Stok Sembako
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
3.3 Terlaksannya Pengawasan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi
 
# Indikator
3.3.1 Persentase Pengawasan Pupuk dan Pestisida di tingkat daerah Kabupaten/Kota
TargetRealisasiCapaian
TW1 25 % 25% 100%
TW2 50% 50 % 100%
TW3 75%
TW4 100%
Program 4: Meningkatnya Komoditi Ekspor
4.1 Terlaksanya Promosi dan Misi Dagang Bagi Produk Ekspor
 
# Indikator
4.1.1 Jumlah Kegiatan promosi dan Misi Dagang bagi Produk Ekspor
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 2 Kegiatan 2 Kegiatan 100%
TW3 4 Kegiatan
TW4 6 Kegiatan
Program 5: Terjaminnya Alat UTTP dalam aktifitas ekonomi
5.1 Pelaksanaan Metrologi Legal, Berupa Tera, Tera Ulang dan Pengawasan
 
# Indikator
5.1.1 Persentase Alat UTTP yang ditera ulang
TargetRealisasiCapaian
TW1 18,06 % 18,06 % 100%
TW2 37,02 % 37,02% 100%
TW3 55,80 %
TW4 74,47 %
Program 6: Meningkatnya Industri Kecil dan Menengah
6.1 Pelaksanaan Promosi, Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri
 
# Indikator
6.1.1 Jumlah kegiatan promosi pemasaran dan peningkatan produk dalam negeri
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan
TW4 1 Kegiatan
Program 7: Meningkatnya Penggunaan Produk Dalam Negeri
7.1 Penyusunan dan Evaluasi Rencana Pembanguan Industri Kabupaten/Kota
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah Dokumen Rencana Pembangunan Industri
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan
TW4 1 Dokumen
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Tersedianya Akses Kemudahan Perdagangan
1.1 Tersedianya surat tanda Pendaftaran Waralaba (STPW)
  Melakukan fasilitasii penerbitan Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW), dimana pada tahun ini ditargetkan terdapat 20 waralaba yang difasiliatsi penerbitan surat tanda Pendaftaran STPW dari 35 waralaba yang ada
Program 2: Meningkatnya Sarana Distribusi Perdagangan
2.1 Tersedianya pembinaan Pengelolaan Sarana Distribusi perdagangan
  Melakukan Pembinaan terhadap Pengelola pasar se Kabupaten Gowa. Dimana Jumlah Pasar yang ada sebanyak 32 pasar. Pembinaan ini meliputi pembinaan antara pengelola dan pedagang tentang penempatan kios dan Lods, sosialisasi terkait perda tentang retribusi pasar dan pembinaan pasar sehat. Untuk Triwulan I telah dilakukan pembinaan sebanyak 8 pasar.
Program 3: Stabilnya Harga Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
3.1 Terjaminya Ketersediaan Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting
  Melakukan pengawasan Kebutuhan Pokok dan barang penting selalu tersedia, terpenuhi dan tidak mengalami kelangkaan. Dimana Pengawasan ini meliputi Pengawasan terhadap LPG 3 Kg Bersubsidi dan BBM Bersubsidi
3.2 Terkendalinya Harga Stock barang Keutuhan Pokok dan Barang Penting
  Melakukan Pengawasaan pengendalian harga dan Stok Sembako senantiasa terjangkau dan terjual sesuai HET yang ditetapkan pemerintah. Hasil dari pemantauan harga stock Bapokting ini selalu di update setiap hari dan dimasukkan kedalam aplikasi Sibapok yang dikelola Oleh Dians Perdagangan dan Perindustrian dan Aplikasi P2KP dari Kementrian Perdagangan. Kegiatan ini ditujukan untuk pengendalian Inflasi
3.3 Terlaksannya Pengawasan Pupuk dan Pestisida Bersubsidi
  Memastikan Pupuk dan Pestisida untuk menunjang ketersediaan kebutuhan pangan tersalurkan dengan baik ke petani-petani sesuai kesepakatan RDKK , memastikan tidak ada penimbunan stok dan kecurangan yang dilakukan Distributor Resmi dalam pendistribusiannya, dimana Pengawasan ini dilakukan 132 pengecer pupuk. Untuk Triwulan I terdapat 33 Pengecer yang mendapatkan pengawasan
Program 4: Meningkatnya Komoditi Ekspor
4.1 Terlaksanya Promosi dan Misi Dagang Bagi Produk Ekspor
  Melakukan promosi dan Misi dagang bagi produk ekspor dimana produk unggulan Kabupaten Gowa selalu diikutkan dalam bebrapa Pameran Nasional, sehingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing dengan produk dari daerah lain. Adapun paa tahun ini terdapat 6 pameran : 1. pameran Inacraft, 2. pameran Akpasi, 3. Pameran Hut Dekranas,4.Pameran Indonesia Maju, 5.Pameran Kriyanusa, dan 6. Sulsel Expo. Adapun pameran yang telah diiukti yaitu pameran Inacraft, Pameran Indonesia Maju, Pameran Apkasi dan Pameran Hut Dekranas.
Program 5: Terjaminnya Alat UTTP dalam aktifitas ekonomi
5.1 Pelaksanaan Metrologi Legal, Berupa Tera, Tera Ulang dan Pengawasan
  Melakukan Pengawasan alat UTTP yang beroperasi dan Pengujian alat UTTP bagi pelaku Usaha yang melakukan transaksi mengunakan alat UTTP. Kegiatan ini dimaksud sebagai perlindungan bagi para konsumen yang menggunakan Alat UTTP. Adapun target alat UUTP yang ditera sebanyak 74,47 % dari 11.368 alat UTTP yang ditera ulang dari 61.114 potensi alat UTTP
Program 6: Meningkatnya Industri Kecil dan Menengah
6.1 Pelaksanaan Promosi, Pemasaran dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri
  Adapun maksud dari kegiatan ini yaitu Mendorong Pelaku IKM untuk meningkatkan kualitas produk mereka agar diminati masyarakat sebagai upaya Peningkatan pemasaran produk dalam negeri. Para pelaku IKM juga difasilitasi dalam Kegiatan pelatihan e-commerce, dimana pelaku IKM dilatih untuk memasarkan Produknya melalui platform sehingga pelaku IKM dapat memasarkan produknya lebih luas lagi, tidak hanya terpaku di dalam daerah saja. Pelaku IKM juga difasilitasi dengan Tiktokers dan selegram sehingga dapat membantu Pelaku IKM dalam mempromosikan dan memasarkan Produknya.
Program 7: Meningkatnya Penggunaan Produk Dalam Negeri
7.1 Penyusunan dan Evaluasi Rencana Pembanguan Industri Kabupaten/Kota
  Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Industri Kabupaten berfungsi sebagai pemapingan industri berdasarkan klasternya, dimana dengan adanya dokumen Rencana Pembangunan Industri Kabupaten dalam memberikan bantuan, pelatihan dan pendampingan bagi Industri Kecil dan Menengah bisa tepat sasaran sesuai dengan kebutuhannya. adapun tahun ini Dinas Perdagangan dan Perindustrian melakukan beberapa pelatihan bagi pelaku Usaha yaitu pelatihan keterampilan teknis, pelatihan kemasan, pelatihan olahan daging dan Ikan. Begitu juga dengan pemberian Bantuan Peralatan dimana ada 31 IKM yang diberikan bantuan peralatan guna meningkatkan produktifitas. Dan Juga dilakukan pendampingan sebanyak 40 IKM dalam mengembangkan produknya.