PENGUKURAN KINERJA
Dinas kesehatan

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
1.1 Meningkatkan Derajat Kesehatan
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: Meningkatkan Derajat Kesehatan
1.1 Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat
 
# Indikator
1.1.1 Indeks Keluarga Sehat
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 0.50
1.2 Meningkatnya tata kelola Program Kesehatan yang baik dan bersih
 
# Indikator
1.2.1 Nilai Sakip
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 76
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya kualitas kesehatan masyarakat
1.1 Meningkatnya fasilitas kesehatan masyarakat
 
# Indikator
1.1.1 Rasio fasilitas Kesehatan per Satuan Penduduk
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 1 : 2.500 Penduduk
1.2 Meningkatnya Layanan kesehatan masyarakat
 
# Indikator
1.2.1 Indeks Capaian SPM Bidang Kesehatan
TargetRealisasi Capaian
TW1 100 % 30.14 % 30.14 %
TW2 100 % 52.45 % 52.45 %
TW3 100 %
TW4 100 %
1.3 Meningkatnya kualitas SDM kesehatan
 
# Indikator
1.3.1 Rasio Tenaga Kesehatan per satuan penduduk
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 Dokter 1 : 6.500, Dokter Gigi 1 : 11.000, Bidan 1 : 900, Perawat 1 : 700
1.4 Meningkatnya Posyandu Aktif
 
# Indikator
1.4.1 Persentase posyandu aktif
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 100 %
Sasaran 2: Meningkatnya tata kelola Program Kesehatan yang baik dan bersih
2.1 Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
 
# Indikator
2.1.1 Persentase program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan
TargetRealisasi Capaian
TW1 20 % 20% 100%
TW2 40 % 40 % 100%
TW3 60 %
TW4 100 %
2.2 Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
 
# Indikator
2.2.1 Persentase pegawai dengan kinerja baik
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 100 %
2.3 Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
 
# Indikator
2.3.1 Jumlah laporan kinerja yang dipublikasi
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 1 Laporan
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Meningkatnya fasilitas kesehatan masyarakat
1.1 Tersedianya fasilitas kesehatan dasar
 
# Indikator
1.1.1 Persentase fasyankes yang memenuhi sarana prasarana dan alat sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 80%
1.2 Tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan rujukan
 
# Indikator
1.2.1 Rasio ketersediaan tempat tidur
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 1 : 1.000
Program 2: Meningkatnya Layanan kesehatan masyarakat
2.1 Tersedianya layanan kesehatan dasar sesuai standar
 
# Indikator
2.1.1 Persentase ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan ibu hamil
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 22.71 % 22.71 %
TW2 100% 45.12 % 45.12 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.2 Persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 21.14 % 21.14 %
TW2 100% 47.55 % 47.55 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.3 Persentase bayi baru lahir mendapatkan pelayanan kesehatan bayi baru lahir
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 22.03 % 22.03 %
TW2 100% 48.11 % 48.11 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.4 Cakupan Pelayanan Kesehatan Balita sesuai Standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 33.14 % 33.14 %
TW2 100% 42.76 % 42.76 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.5 Persentase anak usia pendidikan dasar yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 15.26 % 15.26 %
TW2 100% 38.78 % 38.78 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.6 Persentase orang usia 15–59 tahun mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 18.58 % 18.58 %
TW2 100% 47.44 % 47.44 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.7 Persentase warga negara usia 60 tahun ke atas mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 22.10 % 22.10 %
TW2 100% 44.48 % 44.48 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.8 Persentase penderita Hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 20.41 % 20.41 %
TW2 100% 62.10 % 62.10 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.9 Persentase penderita DM yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 23.49 % 23.49 %
TW2 100% 66.48 % 66.48 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.10 Persentase ODGJ berat yang mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 24.21 % 24.21 %
TW2 100% 55.76 % 55.76 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.11 Persentase Orang terduga TBC mendapatkan pelayanan TBC sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 25.47 % 25.47 %
TW2 100% 87.49 % 87.49 %
TW3 100%
TW4 100%
2.1.12 Persentase orang dengan risiko terinfeksi HIV mendapatkan pelayanan deteksi dini HIV sesuai standar
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 27.90 % 27.90 %
TW2 100% 43.34 % 43.34 %
TW3 100%
TW4 100%
2.2 Meningkatnya mutu fasilitas pelayanan kesehatan
 
# Indikator
2.2.1 Persentase puskesmas yang terakreditasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100 % 100%
TW2 100% 100 % 100 %
TW3 100%
TW4 100%
2.3 Cakupan jaminan kesehatan meningkat
 
# Indikator
2.3.1 Persentase penduduk yang memiliki jaminan kesehatan
TargetRealisasiCapaian
TW1 98% 99.46% 101%
TW2 98% 101% 103%
TW3 98%
TW4 98%
2.4 Meningkatnya pengawasan sarana kefarmasian dan produk olahan makanan dan minuman yang layak edar
 
# Indikator
2.4.1 Persentase Izin Apotek,Toko Obat, dan Optikal, UMOT yang Dilakukan Tindak Lanjut Pengawasan
TargetRealisasiCapaian
TW1 25% 18% 72%
TW2 50% 46% 92%
TW3 75%
TW4 100%
2.4.2 Persentase Penerbitan Sertifikat Sarana Produksi Pangan Industri Rumah Tangga dan Nomor P-IRT
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
2.4.3 Persentase Pemeriksaan dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Post Market pada Produksi dan Produk Makanan Minuman IRT
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 60% 0% 0%
TW3 100%
TW4 - - -
2.5 Terlaksananya penerbitan izin rumah sakit kelas C, D dan fasilitas pelayanan kesehatan tigkat daerah
 
# Indikator
2.5.1 Persentase tata kelola yang meningkat
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 100%
TW4 - - -
Program 3: Meningkatnya kualitas SDM kesehatan
3.1 Terlaksananya pengawasan tenaga kesehatan
 
# Indikator
3.1.1 Persentase rekomendasi pemberian izin praktik tenaga kesehatan
TargetRealisasiCapaian
TW1 100 % 100% 100%
TW2 100 % 100% 100%
TW3 100%
TW4 100 %
3.2 Tersedianya tenaga kesehatan
 
# Indikator
3.2.1 Persentase pemenuhan Tenaga kesehatan sesuai dengan rencana kebutuhan
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 100 %
3.3 Meningkatnya kompetensi tenaga kesehatan
 
# Indikator
3.3.1 Persentase tenaga kesehatan yang mengikuti ujian kompetensi
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 100 %
Program 4: Meningkatnya Posyandu Aktif
4.1 Meningkatnya upaya kesehatan promotif dan preventif
 
# Indikator
4.1.1 Persentase rumah tangga yang berperilaku hidup bersih dan sehat
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 60%
4.2 Meningkatnya kompetensi kader posyandu
 
# Indikator
4.2.1 Persentase kader posyandu yang mengikuti pelatihan
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 100%
TW4 - - -
Program 5: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
5.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
 
# Indikator
5.1.1 Jumlah dokumen perencanaan sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 Dokumen 2 Dokumen 100%
TW2 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW3 2 Dokumen
TW4 1 Dokumen
Program 6: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
6.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
 
# Indikator
6.1.1 Jumlah pegawai yang menerima penghargaan
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 20 Orang
Program 7: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
7.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah media publikasi yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 - - -
TW4 1 Media
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Meningkatnya fasilitas kesehatan masyarakat
1.1 Tersedianya fasilitas kesehatan dasar
  • Persentase fasyankes yang memenuhi sarana prasarana sesuai standar
Kinerja yang dilakukan dalam menyediakan fasyankes yang memenuhi sarana prasarana sesuai standar pada triwulan I adalah melakukan proses input/update data ASPAK.
1.2 Tersedianya fasilitas pelayanan kesehatan rujukan
  • Tingkat ketersediaan tempat tidur
Dalam meningkatkan kinerja ketersediaan tempat tidur dilakukan pengadaan/penambahan jumlah tempat tidur di fasilitas kesehatan, salah satu faskes yang akan melakukan pengadaan tempat tidur adalah rumah sakit pratama. Kegiatan yang dilakukan pada triwulan I adalah mempersiapkan dokumen kontrak untuk pengadaan tempat tidur
Program 2: Meningkatnya Layanan kesehatan masyarakat
2.1 Tersedianya layanan kesehatan dasar sesuai standar
  • Persentase ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan ibu hamil
Realisasi persentase ibu hamil mendapatkan pelayanan kesehatan ibu hamil pada triwulan I adalah 22.17%, yaitu sebanyak 2994 ibu hamil yang telah dilayani dari 13184 yang ditargetkan.

• Persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan
Realisasi persentase ibu bersalin mendapatkan pelayanan persalinan pada triwulan I adalah 21.14%, yaitu sebanyak 2646 ibu bersalin yang telah dilayani dari 12519 yang ditargetkan

• Cakupan Pelayanan Kesehatan Balita sesuai Standar
Realisasi cakupan pelayanan kesehatan balita pada triwulan I adalah 33.14%, yaitu sebanyak 26807 balita yang telah mendapatkan pelayanan dari 80896 yang ditargetkan

• Persentase anak usia pendidikan dasar yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
Realisasi persentase anak usia pendidikan dasar yang mendapatkan pelayanan pada triwulan I adalah 15.26%, yaitu sebanyak 20.122 yang telah mendapatkan layanan dari 131.847 yang ditargetkan

• Persentase orang usia 15–59 tahun mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar
Realisasi persentase orang usia produktif ( 15-59 tahun ) mendapatkan skrining pada triwulan I adalah 18.58%, yaitu sebanyak 64.549 yang telah mendapatkan layanan dari 347.398 yang ditargetkan

• Persentase warga negara usia 60 tahun ke atas mendapatkan skrining kesehatan sesuai standar
Realisasi persentase warga negara usia 60 tahun mendapatkan skrining kesehatan (usia lanjut) pada triwulan I adalah 22.1%, yaitu sebanyak 14.284 yang telah mendapatkan pelayanan dari 64.629 yang ditargetkan

• Persentase penderita Hipertensi yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
Realisasi persentase penderita hipertensi yang mendapatkan pelayanan pada triwulan I adalah 20.41%, yaitu sebanyak 14.762 yang telah mendapatkan pelayanan dari 72.345 yang ditargetkan

• Persentase penderita DM yang mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar
Realisasi persentase penderita DM yang mendapatkan pelayanan kesehatan pada triwulan I adalah 23.49% yaitu sebanyak 2.004 yang telah mendapatkan pelayanan dari 8.532 yang ditargetkan

• Persentase ODGJ berat yang mendapatkan pelayanan kesehatan jiwa sesuai standar
Realisasi persentase ODGJ berat yang mendapatkan pelayanan kesehatan pada triwulan I adalah 24.21% yaitu sebanyak 398 orang yang telah mendapatkan pelayanan dari 1.644 yang ditargetkan

• Persentase Orang terduga TBC mendapatkan pelayanan TBC sesuai standar
Realisasi persentase orang terduga TBC mendapatkan pelayanan pada triwulan I adalah 25.47% yaitu sebanyak 4.690 yanng telah mendapatkan pelayanan dari 18.414 yang ditargetkan

• Persentase orang dengan risiko terinfeksi HIV mendapatkan pelayanan deteksi dini HIV sesuai standar
Realisasi persentase orang dengan risiko terinfeksi HIV mendapatkan pelayanan deteksi dini HIV triwulan I adalah 27.9% yaitu sebanyak 4.160 yang telah mendapatkan pelayanan dari 14.911yang ditargetkan.


• Persentase penduduk yang memiliki jaminan kesehatan
Realisasi penduduk yang memiliki jaminan kesehatan pada triwulann I adalah 99.3%, dengan capaian 101% yaitu terdapat 794.431 penduduk yang telah memiliki jaminan kesehatan dari 799.999 total penduduk.
2.2 Meningkatnya mutu fasilitas pelayanan kesehatan
  • Persentase puskesmas yang terakreditasi
Realisasi persentase puskesmas yang terakreditasi pada triwulan I adalah 100%, yaitu 26 Puskesmas yang ada di Kabupaten Gowa telah terakreditasi. Upaya yang dilakukan dalam mempertahankan tingkatan akreditasi puskesmas adalah pembinaan mutu yang berkesinambungan melalui TPCB ( Tim Pembina Cluster Binaan) atau Pembinaan setiap program.
2.3 Cakupan jaminan kesehatan meningkat
  Realisasi Persentase penduduk yang memiliki jaminan kesehatan pada triwulan II mencapai 101% diakibatkan karena belum adanya update data penduduk untuk tahun 2024.
2.4 Meningkatnya pengawasan sarana kefarmasian dan produk olahan makanan dan minuman yang layak edar
  Realisasi Persentase Pemeriksaan dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Post Market pada Produksi dan Produk Makanan Minuman IRT pada triwulan II 0% hal ini diakibatkan karena belum keluarnya hasil laboratorium dari produk makanan minuman IRT
2.5 Terlaksananya penerbitan izin rumah sakit kelas C, D dan fasilitas pelayanan kesehatan tigkat daerah
  Realisasi Persentase penerbitan izin rumah sakit yang meningkat atau dalam hal ini terlaksananya penerbitan izin rumah sakit pratama, pada triwulan I dilakukan pembentukan tim dalam rangka percepatan izin operasi rumah sakit.
Program 3: Meningkatnya kualitas SDM kesehatan
3.1 Terlaksananya pengawasan tenaga kesehatan
  • Persentase rekomendasi pemberian izin praktik tenaga kesehatan
Realisasi rekomendasi pemberian izin praktik tenaga kesehatan pada triuwlan I adalah 100% yaitu dari 395 tenaga kesehatan yang mengajukan permohonan dan memenuhi syarat semuanya diberikan rekomendasi izin praktik
3.2 Tersedianya tenaga kesehatan
  • Persentase pemenuhan Tenaga kesehatan sesuai dengan rencana kebutuhan
Pada Triwulan I dilakukan penyusunan laporan rencana kebutuhan tenaga kesehatan
3.3 Meningkatnya kompetensi tenaga kesehatan
  • Persentase tenaga kesehatan yang mengikuti ujian kompetensi
Pada Triwulan I dilakuakn verifikasi berkas terhadap tenaga kesehatan yang ingin mengikuti ujian kompetensi
Program 4: Meningkatnya Posyandu Aktif
4.1 Meningkatnya upaya kesehatan promotif dan preventif
  Pada Triwulan I dilakukan pendataan terhadap rumah tangga di wilayah
4.2 Meningkatnya kompetensi kader posyandu
  Persiapan pelaksanaan kegiatan pembinaan kader
Program 5: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
5.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
  Pada Triwulan I telah tersedia dokumen perjanjian kinerja dan reancana aksi tahun 2024
Program 6: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
6.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
  Pada Triwulan I dilakukan evaluasi terhadap capaian kinerja pegawai
Program 7: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
7.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
  PadaTriwulan I belum dilakukan publikasi terhadap laporan kinerja