PENGUKURAN KINERJA
Kecamatan Pallangga

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
4.1 Meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan kecamatan
4.2 Meningkatkan kualitas pelayanan publik
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: Meningkatkan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan kecamatan
1.1 Meningkatnya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan kecamatan
 
# Indikator
1.1.1 Nilai Sakip
TargetRealisasi Capaian
TW1
TW2
TW3
TW4 BB
Tujuan 2: Meningkatkan kualitas pelayanan publik
2.1 Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Publik
 
# Indikator
2.1.1 Indeks Kepuasan Masyarakat
TargetRealisasi Capaian
TW1
TW2 86,50 85,837 99,23%
TW3
TW4 87,00
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan kecamatan
1.1 Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
 
# Indikator
1.1.1 Persentase program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan
TargetRealisasi Capaian
TW1 71,43 57,14 80 %
TW2 71,43 71,43 100%
TW3 71,43
TW4 100
1.2 Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
 
# Indikator
1.2.1 Jumlah kinerja pegawai yang sesuai target
TargetRealisasi Capaian
TW1 38 pegawai 38 pegawai 100%
TW2 38 pegawai 38 Pegawai 100%
TW3 38 pegawai
TW4 38 pegawai
1.3 Meningkatnya kualitas laporan kinerja
 
# Indikator
1.3.1 Jumlah laporan kinerja sesuai yang terukur
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 laporan 1 Laporan 100 %
TW2
TW3
TW4
1.4 Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
 
# Indikator
1.4.1 Jumlah laporan kinerja yang dipublikasi
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 laporan 1 laporan 100 %
TW2
TW3
TW4
1.5 Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
 
# Indikator
1.5.1 persentase pegawai dengan kinerja baik
TargetRealisasi Capaian
TW1
TW2
TW3
TW4 100
Sasaran 2: Meningkatnya kepuasan masyarakat terhadap Pelayanan Publik
2.1 Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah sarana dan prasarana yang memadai
TargetRealisasi Capaian
TW1 8 unit 5 unit 62,5 %
TW2 8 unit 5 unit 62,5%
TW3 9 unit
TW4 9 unit
2.2 Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
 
# Indikator
2.2.1 Persentase layanan yang memiliki SOP
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% 100% 100 %
TW2
TW3
TW4
2.3 Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
 
# Indikator
2.3.1 Persentase layanan sesuai SP
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% 100% 100 %
TW2
TW3
TW4
2.4 Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
 
# Indikator
2.4.1 Persentase tindak lanjut pengaduan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% 100% 100 %
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
2.5 Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
 
# Indikator
2.5.1 Persentase usulan masyarakat yang diakomodir
TargetRealisasi Capaian
TW1 80 50 62,5%
TW2
TW3
TW4
2.6 Meningkatnya evaluasi pelayanan
 
# Indikator
2.6.1 Persentase hasil SKM yang ditindaklanjuti
TargetRealisasi Capaian
TW1
TW2 100 100 100%
TW3
TW4 100
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
1.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah dokumen perencanaan sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 2 100%
TW2 1 1 100%
TW3
TW4
1.2 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
 
# Indikator
1.2.1 Jumlah kegiatan monitoring pelaksanaan program dan kegiatan
TargetRealisasiCapaian
TW1
TW2 1 kegiatan 1 kegiatan 100%
TW3 1 kegiatan
TW4 1 kegiatan
Program 2: Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
2.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah kegiatan monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 kegiatan 1 kegiatan 100 %
TW2 1 kegiatan 1 kegiatan 100%
TW3 1 kegiatan
TW4 1 kegiatan
2.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
 
# Indikator
2.2.1 Persentase kinerja pegawai yang ditindaklanjuti
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
Program 3: Meningkatnya kualitas laporan kinerja
3.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
 
# Indikator
3.1.1 Jumlah dokumen yang diverifikasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 dokumen 1 dokumen 100%
TW2
TW3
TW4
3.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
 
# Indikator
3.2.1 Jumlah laporan kinerja sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 laporan 1 laporan 100 %
TW2
TW3
TW4
Program 4: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
4.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
 
# Indikator
4.1.1 Jumlah media publikasi yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 media 1 media 100 %
TW2
TW3
TW4
Program 5: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
5.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
 
# Indikator
5.1.1 Jumlah pegawai yang menerima penghargaan
TargetRealisasiCapaian
TW1
TW2
TW3
TW4 4 orang
Program 6: Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
6.1 Tersedianya sarana pelayanan yang memadai
 
# Indikator
6.1.1 Jumlah sarana pelayanan yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 8 unit 5 unit 62,5%
TW2 8 unit 5 unit 62,5%
TW3 9 unit
TW4 9 unit
6.2 Tersedianya sarana bagi kelompok rentan
 
# Indikator
6.2.1 Jumlah sarana bagi kelompok rentan
TargetRealisasiCapaian
TW1 3 unit 1 unit 33,3%
TW2 3 unit 2 unit 66,6%
TW3 5 unit
TW4 5 unit
Program 7: Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
7.1 Terbentuknya tim penyusun SOP
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah tim penyusunan SOP
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 tim 1 tim 100 %
TW2
TW3
TW4
7.2 Tersedianya SOP pelayanan di setiap jenis pelayanan
 
# Indikator
7.2.1 Jumlah SOP pelayanan yang disusun
TargetRealisasiCapaian
TW1 9 sop 9 sop 100 %
TW2
TW3
TW4
Program 8: Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
8.1 Tersedianya maklumat pelayanan
 
# Indikator
8.1.1 Jumlah maklumat pelayanan yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 1 100 %
TW2
TW3
TW4
8.2 Terlaksananya forum konsultasi publik
 
# Indikator
8.2.1 Jumlah unsur masyarakat yang hadir dalam FKP
TargetRealisasiCapaian
TW1
TW2
TW3
TW4 5 unsur
Program 9: Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
9.1 Terverifikasinya pengaduan masyarakat
 
# Indikator
9.1.1 Persentase pengaduan yang diverifikasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
9.2 Terlaksananya tindak lanjut pengaduan masyarakat
 
# Indikator
9.2.1 Persentase pengaduan yang ditindaklanjuti
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100 %
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
Program 10: Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
10.1 Tersalurkannya usulan masyarakat dalam perencanaan pembangunan
 
# Indikator
10.1.1 Jumlah usulan masyarakat
TargetRealisasiCapaian
TW1 80 50 62,5%
TW2
TW3
TW4
Program 11: Meningkatnya evaluasi pelayanan
11.1 Terlaksananya survei kepuasan masyarakat
 
# Indikator
11.1.1 Jumlah kuesioner yang disebarkan
TargetRealisasiCapaian
TW1 125 kuisioner 100 kuisioner 80%
TW2 150 kuisioner 152 kuisioner 101,33%
TW3 180 kuisioner
TW4 210 kuisioner
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
1.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
  Dokumen perencanaan : Rencana Aksi, Rencana Kerja dan Anggaran
1.2 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
  Kegiatan monitoring terhadap capaian kinerja program dan kegiatan melalui rapat koordinasi
Program 2: Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
2.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
  Telah dilaksanakan rapat koordinasi monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi di triwulan 1 dan 2
2.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
  Berdasarkan Hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya terhadap kinerja pegawai, baik yang berkinerja baik maupun kurang kemudian ditindaklanjuti oleh Camat yang telah dikoordinasikan dengan Sub Bagian Kepegawaian.
Program 3: Meningkatnya kualitas laporan kinerja
3.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
  Dokumen yang diverifikasi oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kab. Gowa yaitu Laporan Kinerja beserta lampiran-lampirannya.
3.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
  Laporan Kinerja beserta lampiran-lamPirannya (Dokumen SAKIP)
Program 4: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
4.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
  Publikasi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah hanya melalui e-SAKIP Kabupaten Gowa.
Program 5: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
5.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
  Pemberian penghargaan terhadap pegawai di Kecamatan Pallangga sebagai bentuk apresiasi terhadap kedisiplinan, prestasi dan loyalitas pegawai terhadap instansi dilaksanakan di akhir tahun 2024.
Program 6: Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
6.1 Tersedianya sarana pelayanan yang memadai
  Sarana pelayanan yang tersedia yaitu: ruang pelayanan, ruang tunggu, ruang laktasi, area parkir, Ruang ramah anak
6.2 Tersedianya sarana bagi kelompok rentan
  Sarana bagi kelompok rentan yaitu: arena bermain anak
Program 7: Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
7.1 Terbentuknya tim penyusun SOP
  Tim penyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Kecamatan Pallangga dibentuk oleh Camat Pallangga sebanyak 1 tim berdasarkan SK Camat Pallangga Nomor : 06/SK/I/2024 tanggal 31 Januari 2024
7.2 Tersedianya SOP pelayanan di setiap jenis pelayanan
  Surat Keputusan Camat PAllangga tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kecamatan Pallangga Nomor : 188.4/08/KP/II/2024 tanggal 01 Februari 2024
Program 8: Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
8.1 Tersedianya maklumat pelayanan
  Surat Keputusan Camat Pallangga Nomor :188.4/09/KP/II/2024 tanggal 01 Februari 2024 tentang Maklumat Pelayanan Kecamatan Pallangga Tahun 2024
8.2 Terlaksananya forum konsultasi publik
  FKP direncanakan dilaksanakan pada akhir triwulan IV tahun 2024 jika ada penambahan atau perubahan Standar Pelayanan.
Program 9: Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
9.1 Terverifikasinya pengaduan masyarakat
  Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 2 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 1 sebanyak 2 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
9.2 Terlaksananya tindak lanjut pengaduan masyarakat
  Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 1 sebanyak 2 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 2 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Program 10: Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
10.1 Tersalurkannya usulan masyarakat dalam perencanaan pembangunan
  Jumlah usulan yang masuk dalam perencanaan pembangunan sebanyak 80 usulan yang diusulkan dan diinput dalam aplikasi Sistem Informasi pembangunan Daerah.
Program 11: Meningkatnya evaluasi pelayanan
11.1 Terlaksananya survei kepuasan masyarakat
  Jumlah penerima layanan yang mengisi kuesioner Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di triwulan 2 sebanyak 152 lembar kuesioner.
Jumlah penerima layanan yang mengisi kuesioner Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) di triwulan 1 sebanyak 100 lembar kuesioner.