PENGUKURAN KINERJA
Kecamatan Tombolopao

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
4.1 Mewujudkan tata kelola pemerintahan bersih dan akuntabel yang melayani, efektif dan efisien
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: Mewujudkan tata kelola pemerintahan bersih dan akuntabel yang melayani, efektif dan efisien
1.1 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Pos Pelayanan Publik
 
# Indikator
1.1.1 Indeks Kepuasan Masyarakat
TargetRealisasi Capaian
TW1 90 25
TW2 90 89,75 25
TW3 90
TW4 90
1.2 Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintah
 
# Indikator
1.2.1 Nilai SAKIP
TargetRealisasi Capaian
TW1 BB B 25%
TW2 BB B 25%
TW3 BB
TW4 BB
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Layanan Pos Pelayanan Publik
1.1 Tersusunnya Standar Pelayanan sesuai pedoman penyusunan
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah Dokumen Standar Pelayanan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 0 0
TW3 0 0
TW4 0 0
1.2 Tersedianya maklumat pelayanan
 
# Indikator
1.2.1 Jumlah dokumen Maklumat Pelayanan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 0 0
TW3 0 0
TW4 0 0
1.3 Tersedianya petugas pelayanan yang berkualitas
 
# Indikator
1.3.1 Jumlah Petugas Pelayanan yang berkualitas
TargetRealisasi Capaian
TW1 3 Petugas 0 0
TW2 0
TW3 0
TW4 0
1.4 Tersedianya fasilitas pelayanan yang memadai
 
# Indikator
1.4.1 Persentase pemenuhan fasilitas pelayanan
TargetRealisasi Capaian
TW1 3 Unit 1 Unit 10%
TW2 2 Unit 0 0
TW3 3 Unit 0 0
TW4 2 Unit 0 0
1.5 Terselenggaranya pelayanan yang berkualitas sesuai Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.5.1 Jumlah kegiatan pelayanan yang terlaksana dengan baik
TargetRealisasi Capaian
TW1 50 36 72%
TW2 50 54 108%
TW3 50
TW4 50
1.6 Terlaksananya evaluasi Standar Pelayanan secara berkala
 
# Indikator
1.6.1 Jumlah kegiatan evaluasi Standar Pelayanan berkala yang dilaksanakan
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan 0 0
TW4 1 Kegiatan 0 0
Sasaran 2: Meningkatnya akuntabilitas kinerja pemerintah
2.1 Tersedianya Dokumen perencanaan yang berkualitas
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah Dokumen Perencanaan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 2 Dokumen 1 Dokumen 50%
TW4 2 Dokumen 0 0
2.2 Terlaksananya Pengukuran Kinerja yang berkualitas
 
# Indikator
2.2.1 Jumlah Kegiatan Pengukuran Kinerja yang dilaksanakan
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan 0 0
TW4 1 Kegiatan 0 0
2.3 Terlaksananya Pelaporan Kinerja yang berkualitas
 
# Indikator
2.3.1 Jumlah Dokumen Pelaporan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW3 1 Dokumen 0 0
TW4 1 Dokumen 0 0
2.4 Terselenggaranya Kegiatan Evaluasi Internal yang berkualitas
 
# Indikator
2.4.1 Jumlah kegiatan Evaluasi Internal yang dilaksanakan
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW3 1 Dokumen 0 0
TW4 1 Dokumen 0 0
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Tersusunnya Standar Pelayanan sesuai pedoman penyusunan
1.1 Tersedianya pedoman penyusunan Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah Pedoman Standar Pelayanan yang disusun
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
1.2 Terlibatnya masyarakat dalam penyusunan Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.2.1 Jumlah kegiatan penyusunan rancangan Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
1.3 Terlaksananya penetapan Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.3.1 IK: Jumlah Rancangan Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
1.4 terselenggaranya pembahasan rancangan Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.4.1 Jumlah kegiatan pembahasan penetapan rancangan Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
1.5 Terlaksananya penetapan Standar Pelayanan
 
# Indikator
1.5.1 Jumlah kegiatan penetapan Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
Program 2: Tersedianya maklumat pelayanan
2.1 Tersusunnya maklumat pelayanan
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah kegiatan penyusunan Maklumat Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
2.2 Maklumat pelayanan dipublikasikan
 
# Indikator
2.2.1 Jumlah kegiatan publikasi maklumat
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 0 0 0
TW4 0 0 0
Program 3: Tersedianya petugas pelayanan yang berkualitas
3.1 Tersedianya jumlah petugas pelayanan yang cukup
 
# Indikator
3.1.1 Jumlah Petugas Pelayanan yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 Petugas 2 Petugas 100%
TW2 2 Petugas 0 0%
TW3 2 Petugas 0 0%
TW4 2 Petugas 0 0%
3.2 Tersedianya kompetensi petugas pelayanan yang berkualitas
 
# Indikator
3.2.1 Jumlah Petugas Pelayanan yang berkualitas
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 Petugas 2 Petugas 100%
TW2 2 Petugas 0 0%
TW3 2 Petugas 0 0%
TW4 2 Petugas 0 0%
Program 4: Tersedianya fasilitas pelayanan yang memadai
4.1 terlaksananya inventarisasi fasilitas pelayanan secara berkesinambungan
 
# Indikator
4.1.1 Jumlah dokumen inventarisasi fasilitas pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW3 1 Dokumen 0 0%
TW4 1 Dokumen 0 0%
4.2 Terlaksananya pemeliharaan fasilitas pelayanan
 
# Indikator
4.2.1 Jumlah fasilitas pelayanan yang dipelihara
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Unit 0 Unit 0%
TW2 1 Unit 0 Unit 0%
TW3 1 Unit 0 Unit 0%
TW4 1 Unit 0 Unit 0%
4.3 Terpenuhinya kekurangan fasilitas pelayanan yang belum lengkap
 
# Indikator
4.3.1 Jumlah pengadaan fasilitas pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 3 Unit 0 Unit 0%
TW2 3 Unit 0 Unit 0%
TW3 3 Unit 0 Unit 0%
TW4 3 Unit 0 Unit 0%
Program 5: Terselenggaranya pelayanan yang berkualitas sesuai Standar Pelayanan
5.1 Terlaksananya pemahaman dan pendalaman SP terhadap penyelenggara pelayanan
 
# Indikator
5.1.1 Jumlah kegiatan pendalaman dan pemahaman Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0
TW3 1 Kegiatan 0 0
TW4 0 0 0
5.2 Meningkatnya pengetahuan masyarakat terhadap Standar Pelayanan
 
# Indikator
5.2.1 Jumlah Kegiatan Sosialisasi Standar Pelayanan yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 0 Kegiatan 0%
TW2 0 0 0%
TW3 1 Kegiatan 0 0%
TW4 0 0 0%
5.3 Tersedianya dukungan atas kegiatan pelayanan
 
# Indikator
5.3.1 Jumlah kegiatan sosialisasi Standar Pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 0 Kegiatan 0%
TW2 0 0 0%
TW3 1 Kegiatan 0 0%
TW4 0 0 0%
Program 6: Terlaksananya evaluasi Standar Pelayanan secara berkala
6.1 Terlaksananya peninjauan ulang Standar Pelayanan sesuai pedoman untuk pembaruan Standar Pelayanan
 
# Indikator
6.1.1 Jumlah kegiatan peninjauan ulang Standar Pelayanan yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 0 Kegiatan 0%
TW2 0 0 0%
TW3 1 Kegiatan 0 0%
TW4 0 0 0%
6.2 Terlaksananya evaluasi Standar Pelayanan setiap tahun sebagai bahan perbaikan Standar Pelayanan
 
# Indikator
6.2.1 Jumlah kegiatan evaluasi Standar Pelayanan tahunan yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0%
TW3 0 0 0%
TW4 0 0 0%
Program 7: Tersedianya Dokumen perencanaan yang berkualitas
7.1 Terwujudnya keselarasan antar Dokumen Perencanaan
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah kegiatan penyelarasan dokumen
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 0 0 0%
TW3 1 Kegiatan 0 0%
TW4 0 0 0%
7.2 Tersedianya rumusan perencanaan yang menggambarkan kinerja
 
# Indikator
7.2.1 Jumlah kegiatan penyusunan perencanaan yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 2 Kegiatan
TW4 2 Kegiatan
7.3 Terlaksananya kinerja berdasarkan perencanaan kinerja yang telah disusun
 
# Indikator
7.3.1 Jumlah kegiatan yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 7 7 100%
TW2 8 7 98%
TW3 8
TW4 8
Program 8: Terlaksananya Pengukuran Kinerja yang berkualitas
8.1 Tersedianya Dokumen Pengukuran Kinerja sesuai pedoman dan tepat waktu
 
# Indikator
8.1.1 Jumlah Dokumen Pengukuran Kinerja yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW3 1 Dokumen
TW4 1 Dokumen
8.2 Terwujudnya Pengukuran Kinerja sebagai dasar pemberian reward & punishment
 
# Indikator
8.2.1 Jumlah Reward & Punishment yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 0
TW4 1 Kegiatan
Program 9: Terlaksananya Pelaporan Kinerja yang berkualitas
9.1 Tersusunnya pelaporan kinerja secara komprehensif dengan analisis yang mendalam dan akurat
 
# Indikator
9.1.1 Jumlah kegiatan penyusunan laporan kinerja yang dilakukan
TargetRealisasiCapaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 0
TW4 1 Kegiatan
9.2 Terwujudnya pelaporan yang dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja
 
# Indikator
9.2.1 Jumlah dokumen pelaporan disusun
TargetRealisasiCapaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 0
TW4 1 Dokumen
Program 10: Terselenggaranya Kegiatan Evaluasi Internal yang berkualitas
10.1 Meningkatnya kualitas SDM evaluator internal
 
# Indikator
10.1.1 Jumlah Evaluator yang kualitas SDM-nya meningkat
TargetRealisasiCapaian
TW1 0 0 0
TW2 0 0 0
TW3 0
TW4 2 Orang
10.2 Terselenggaranya evaluasi kinerja internal yang memberikan dampak bagi perencanaan kinerja selanjutnya
 
# Indikator
10.2.1 Jumlah Kegiatan Evaluasi Internal yang dilaksanakan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan
TW4 1 Kegiatan
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Tersusunnya Standar Pelayanan sesuai pedoman penyusunan
1.1 Tersedianya pedoman penyusunan Standar Pelayanan
  Berjalan semestinya, Dokumen Standar Pelayanan sudah tersedia
1.2 Terlibatnya masyarakat dalam penyusunan Standar Pelayanan
  Berjalan semestinya, masyarakat dilibatkan dalam penyusunan standar pelayanan melalui analisis Survei Kepuasan Masyarakat
1.3 Terlaksananya penetapan Standar Pelayanan
  Standar Pelayanan telah ditetapkan
1.4 terselenggaranya pembahasan rancangan Standar Pelayanan
  Berjalan semestinya, rancangan Standar Pelayanan dibahas melalui rapat internal dengan para pemangku kepentingan
1.5 Terlaksananya penetapan Standar Pelayanan
  Standar Pelayanan telah ditetapkan berdasarkan Rancangan Standar Pelayanan yang telah dibahas
Program 2: Tersedianya maklumat pelayanan
2.1 Tersusunnya maklumat pelayanan
  Maklumat Pelayanan telah disusun
2.2 Maklumat pelayanan dipublikasikan
  Maklumat pelayanan telah dipublikasikan melalui media sosial dan media visual
Program 3: Tersedianya petugas pelayanan yang berkualitas
3.1 Tersedianya jumlah petugas pelayanan yang cukup
  Jumlah petugas tidak memadai, upaya penyediaan petugas harus melalui pihak eksternal
3.2 Tersedianya kompetensi petugas pelayanan yang berkualitas
  Kompetensi petugas ditingkatkan melalui sharing knowledge dan mentoring oleh pihak internal
Program 4: Tersedianya fasilitas pelayanan yang memadai
4.1 terlaksananya inventarisasi fasilitas pelayanan secara berkesinambungan
  Inventarisasi fasilitas pelayanan dilaksanakan setiap triwulan, dan dilaporkan pada laporan berkala BMD
4.2 Terlaksananya pemeliharaan fasilitas pelayanan
  Pemeliharaan fasilitas pelayanan tidak terlaksana karena tidak ada dukungan anggaran yang memadai
4.3 Terpenuhinya kekurangan fasilitas pelayanan yang belum lengkap
  Pemenuhan fasilitas pelayanan tidak terlaksana karena tidak adanya dukungan anggaran yang memadai
Program 5: Terselenggaranya pelayanan yang berkualitas sesuai Standar Pelayanan
5.1 Terlaksananya pemahaman dan pendalaman SP terhadap penyelenggara pelayanan
  berjalan semestinya, setiap petugas pelayanan dibekali dengan pengetahuan dan pendalaman tentang pemahaman SP
5.2 Meningkatnya pengetahuan masyarakat terhadap Standar Pelayanan
  berjalan semestinya, sosialisasi dan deployment SP terus dilakukan secara berkala melalui berbagai media
5.3 Tersedianya dukungan atas kegiatan pelayanan
  Berjalan tidak semestinya, meskipun sosialisasi tentang pelayanan digalakkan namun jika tidak didukung dengan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai maka pelayanan tidak akan berjalan maksimal
Program 6: Terlaksananya evaluasi Standar Pelayanan secara berkala
6.1 Terlaksananya peninjauan ulang Standar Pelayanan sesuai pedoman untuk pembaruan Standar Pelayanan
  Berjalan semestinya, peninjauan ulang SP terus dilakukan secara periodik
6.2 Terlaksananya evaluasi Standar Pelayanan setiap tahun sebagai bahan perbaikan Standar Pelayanan
  Berjalan semestinya, evaluasi SP dilakukan setiap akhir tahun untuk perbaikan SP di masa selanjutnya
Program 7: Tersedianya Dokumen perencanaan yang berkualitas
7.1 Terwujudnya keselarasan antar Dokumen Perencanaan
  Berjalan semestinya, keselarasan antar dokumen tetap dijaga melalui asistensi dokumen perencanaan di beberapa pihak eksternal untuk menjaga agar keselarasan dokumen tetap terjaga
7.2 Tersedianya rumusan perencanaan yang menggambarkan kinerja
  Berjalan semestinya, rumusan perencanaan telah menggambarkan kinerja melalui penyusunan dokumen perencanaan yang sesuai dengan pedoman penyusunan
7.3 Terlaksananya kinerja berdasarkan perencanaan kinerja yang telah disusun
  Berjalan dengan semestinya, kinerja telah dilaksanakan berdasarkan dokumen perencanaan yang telah disusun pada tahun sebelumnya
Program 8: Terlaksananya Pengukuran Kinerja yang berkualitas
8.1 Tersedianya Dokumen Pengukuran Kinerja sesuai pedoman dan tepat waktu
  Dokumen pengukuran kinerja berupa Pengukuran Rencana Aksi dan Pengukuran Perjanjian Kinerja telah dilaksanakan secara berkala setiap triwulan pada tahun berjalan
8.2 Terwujudnya Pengukuran Kinerja sebagai dasar pemberian reward & punishment
  Meskipun pengukuran kinerja telah tersedia, namun pemberian punishment & reward tidak dapat dilaksanakan karena keterbatasan anggaran dan SK tentang pemberian reward & punishment yang harus dikaji ulang
Program 9: Terlaksananya Pelaporan Kinerja yang berkualitas
9.1 Tersusunnya pelaporan kinerja secara komprehensif dengan analisis yang mendalam dan akurat
  Berjalan semestinya, Pelaporan kinerja sudah dilaporkan setiap akhir tahun
9.2 Terwujudnya pelaporan yang dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja
  Berjalan semestinya, Pelaporan Kinerja telah dijadikan sebagai dasar dalam menyusun kinerja selanjutnya, serta sebagai dasar dalam menyusun pertanggungjawaban kinerja
Program 10: Terselenggaranya Kegiatan Evaluasi Internal yang berkualitas
10.1 Meningkatnya kualitas SDM evaluator internal
  Evaluator internal diharapkan semakin meningkat melalui bimtek2 serta pelatihan yang dilakukan oleh pihak eksternal
10.2 Terselenggaranya evaluasi kinerja internal yang memberikan dampak bagi perencanaan kinerja selanjutnya
  Berjalan semestinya, perencanaan kinerja disusun dengan mempertimbangkan evaluasi kinerja internal yang tersedia