PENGUKURAN KINERJA
Kecamatan Tompobulu

Tahun 2024
         
   VISI KAB. GOWA
"TERWUJUDNYA MASYARAKAT YANG UNGGUL DAN TANGGUH DENGAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN TERBAIK"
Penjabaran:
 
   MISI KAB. GOWA
1 Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
2 Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
3 Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
4 Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
 
   T U J U A N
# Tujuan
Misi 1 : Meningkatnya Kualitas Hidup Masyarakat yang Unggul dan Inklusif
Misi 2 : Memperkokoh Kemandirian Ekonomi Daerah Berbasis Sumber Daya Lokal dan Teknologi
Misi 3 : Meningkatkan Infrastruktur yang Berkualitas, Terintegrasi dan Berwawasan Lingkungan
Misi 4 : Mengembangkan Tata Kelola Pemerintahan yang Inovatif Melalui Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik Berkualitas
4.1 Meningkatan Indeks Pelayanann Publik
4.2 Meningkatkan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan
 
   SASARAN STRATEGIS
# Sasaran
Tujuan 1: Meningkatan Indeks Pelayanann Publik
1.1 Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
 
# Indikator
1.1.1 Indeks Kepuasan Masyarakt
TargetRealisasi Capaian
TW1 -
TW2 84,5 84,72 100,25%
TW3 -
TW4 84,5
Tujuan 2: Meningkatkan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan
2.1 Meningkatnya Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan
 
# Indikator
2.1.1 Nilai Sakip
TargetRealisasi Capaian
TW1 -
TW2 -
TW3 -
TW4 BB
         
   SASARAN PROGRAM
# Program
Sasaran 1: Meningkatnya Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik
1.1 Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah sarana dan prasarana yang memadai
TargetRealisasi Capaian
TW1 6 Unit 6 Unit 100%
TW2 6 Unit 6 Unit 100%
TW3 6 Unit
TW4 6 Unit
1.2 Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
 
# Indikator
1.2.1 Persentase layanan yang memiliki SOP
TargetRealisasi Capaian
TW1 100 % 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
1.3 Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
 
# Indikator
1.3.1 Persentase layanan sesuai Standar Pelayanan
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
1.4 Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
 
# Indikator
1.4.1 Persentase tindak lanjut pengaduan yang tersedia
TargetRealisasi Capaian
TW1 100% - Tidak ada Pengaduan
TW2 100% - Tidak ada Pengaduan
TW3 100%
TW4 100%
1.5 Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
 
# Indikator
1.5.1 Persentase usulan masyarakat yang diakomodir
TargetRealisasi Capaian
TW1 50% 12,25% 25,23%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
1.6 Meningkatnya evaluasi pelayanan
 
# Indikator
1.6.1 Persentase hasil SKM yang ditindaklanjuti
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 100% 100% 100%
TW3 -
TW4 100%
Sasaran 2: Meningkatnya Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintahan Kecamatan
2.1 Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
 
# Indikator
2.1.1 Persentase program dan kegiatan yang dilaksanakan sesuai perencanaan
TargetRealisasi Capaian
TW1 25% 25% 100%
TW2 50% 48% 96%
TW3 75%
TW4 100%
2.2 Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
 
# Indikator
2.2.1 Jumlah kinerja pegawai yang sesuai target
TargetRealisasi Capaian
TW1 14 Orang 14 Orang 100%
TW2 14 Orang 14 Orang 100%
TW3 14 Orang
TW4 14 Orang
2.3 Meningkatnya kualitas laporan kinerja
 
# Indikator
2.3.1 Jumlah laporan kinerja sesuai yang terukur
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Laporan 1 Laporan 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
2.4 Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
 
# Indikator
2.4.1 Jumlah laporan kinerja yang dipublikasi
TargetRealisasi Capaian
TW1 1 Laporan 1 Laporan 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
2.5 Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
 
# Indikator
2.5.1 Persentase Pegawai dengan Kinerja Baik
TargetRealisasi Capaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 -
TW4 100%
         
   SASARAN KEGIATAN
# Kegiatan
Program 1: Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
1.1 Tersedianya sarana pelayanan yang memadai
 
# Indikator
1.1.1 Jumlah sarana dan pelayanan
TargetRealisasiCapaian
TW1 6 Unit 6 Unit 100%
TW2 6 Unit 6 Unit 100%
TW3 6 Unit
TW4 6 Unit
1.2 Tersedianya sarana bagi kelompok rentan
 
# Indikator
1.2.1 Jumlah sarana bagi kelompok rentan
TargetRealisasiCapaian
TW1 3 Unit 3 Unit 100%
TW2 3 Unit 3 Unit 100%
TW3 3 Unit
TW4 3 Unit
Program 2: Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
2.1 Terbentuknya tim penyusun SOP
 
# Indikator
2.1.1 Jumlah tim penyusunan SOP
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Tim 1 Tim 100%
TW2 - - -
TW3 -
TW4 -
2.2 Tersedianya SOP pelayanan di setiap jenis pelayanan
 
# Indikator
2.2.1 Jumlah SOP pelayanan yang disusun
TargetRealisasiCapaian
TW1 11 SOP 11 SOP 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
Program 3: Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
3.1 Tersedianya maklumat pelayanan
 
# Indikator
3.1.1 Jumlah maklumat pelayanan yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
3.2 Terlaksananya forum konsultasi publik
 
# Indikator
3.2.1 Jumlah unsur masyarakat yang hadir dalam FKP
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 -
TW4 5 Unsur
Program 4: Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
4.1 Terverifikasinya pengaduan masyarakat
 
# Indikator
4.1.1 Presentase dokumen yang diverifikasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% - Tidak ada Pengaduan
TW2 100% - Tidak ada Pengaduan
TW3 100%
TW4 100%
4.2 Terlaksananya tindak lanjut pengaduan masyarakat
 
# Indikator
4.2.1 Persentase pengaduan yang ditindaklanjuti
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% - Tidak ada Pengaduan
TW2 100% - Tidak ada Pengaduan
TW3 100%
TW4 100%
Program 5: Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
5.1 Tersalurkannya usulan masyarakat dalam perencanaan pembangunan
 
# Indikator
5.1.1 Jumlah usulan masyarakat
TargetRealisasiCapaian
TW1 80 Usulan 215 Usulan 265%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
Program 6: Meningkatnya evaluasi pelayanan
6.1 Terlaksananya survei kepuasan masyarakat
 
# Indikator
6.1.1 Nilai IKM
TargetRealisasiCapaian
TW1 -
TW2 84,5 84,72 100,25%
TW3 -
TW4 84,5
Program 7: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
7.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
 
# Indikator
7.1.1 Jumlah dokumen perencanaan sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 2 Dokumen 2 Dokumen 100%
TW2 2 Dokumen 2 Dokumen 100%
TW3 2 Dokumen
TW4 2 Dokumen
7.2 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
 
# Indikator
7.2.1 Jumlah kegiatan monitoring pelaksanaan program dan kegiatan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan
TW4 1 Kegiatan
Program 8: Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
8.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
 
# Indikator
8.1.1 Jumlah kegiatan monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW2 1 Kegiatan 1 Kegiatan 100%
TW3 1 Kegiatan
TW4 1 Kegiatan
8.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
 
# Indikator
8.2.1 Persentase kinerja pegawai yang ditindaklanjuti
TargetRealisasiCapaian
TW1 100% 100% 100%
TW2 100% 100% 100%
TW3 100%
TW4 100%
Program 9: Meningkatnya kualitas laporan kinerja
9.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
 
# Indikator
9.1.1 Jumlah dokumen yang diverifikasi
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Dokumen 1 Dokumen 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
9.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
 
# Indikator
9.2.1 Jumlah laporan kinerja sesuai ketentuan
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Laporan 1 Laporan 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
Program 10: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
10.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
 
# Indikator
10.1.1 Jumlah media publikasi yang tersedia
TargetRealisasiCapaian
TW1 1 Media 1 Media 100%
TW2 -
TW3 -
TW4 -
Program 11: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
11.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
 
# Indikator
11.1.1 Jumlah pegawai yang menerima penghargaan
TargetRealisasiCapaian
TW1 - - -
TW2 - - -
TW3 -
TW4 1 Orang
         
   ANALISIS KINERJA
Program 1: Meningkatnya sarana dan prasana pelayanan publik memadai
1.1 Tersedianya sarana pelayanan yang memadai
  Sarana pelayanan yang tersedia yaitu: ruang pelayanan, loket pelayanan, ruang tunggu, area parkir, ruang bermain anak dan prosedur pelayanan.
1.2 Tersedianya sarana bagi kelompok rentan
  Sarana bagi kelompok rentan yaitu: ruang laktasi, Jalan Landai, Arena bermain anak dan pintu masuk yang mudah diakses
Program 2: Tersedianya prosedur pelayanan yang efisien
2.1 Terbentuknya tim penyusun SOP
  Tim penyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Kecamatan Tompobulu dibentuk oleh Camat Tompobulu sebanyak 1 tim berdasarkan SK Camat Tompobulu nomor : 012/SK-KTB/I/2024 tanggal 22 Januari 2024
2.2 Tersedianya SOP pelayanan di setiap jenis pelayanan
  Surat Keputusan Camat Tompobulu tentang Standar Operasional Prosedur Pelayanan Kecamatan Tompobulu Nomor : 014/SK-KTB/II/2024 tanggal 5 Februari 2024
Program 3: Meningkatnya pelayanan kepada masyarakat sesuai standar pelayanan
3.1 Tersedianya maklumat pelayanan
  Surat Keputusan Camat Tompobulu Nomor :013/SK-KTB/II/2024 tanggal 01 Februari 2024 tentang Maklumat Pelayanan Kecamatan Tompobulu Tahun 2024
3.2 Terlaksananya forum konsultasi publik
  FKP direncanakan dilaksanakan pada akhir triwulan IV tahun 2024 jika ada penambahan atau perubahan Standar Pelayanan.
Program 4: Meningkatnya tindak lanjut pengaduan masyarakat
4.1 Terverifikasinya pengaduan masyarakat
  Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 1 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 2 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
4.2 Terlaksananya tindak lanjut pengaduan masyarakat
  Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 1 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Jumlah pengaduan yang telah ditindaklanjuti di triwulan 2 sebanyak 0 pengaduan sama dengan jumlah pengaduan yang masuk.
Program 5: Meningkatnya usulan masyarakat yang diakomodir
5.1 Tersalurkannya usulan masyarakat dalam perencanaan pembangunan
  Jumlah usulan yang masuk dalam perencanaan pembangunan sebanyak 215 usulan yang diusulkan dan diinput dalam aplikasi Sistem Informasi pembangunan Daerah.
Program 6: Meningkatnya evaluasi pelayanan
6.1 Terlaksananya survei kepuasan masyarakat
  Setiap Semester akan dilaksanakan Survei kepuasan masyarakat yang di lasakanakan pada bulan Juni dan di bulan Desember
Program 7: Terlaksananya program dan kegiatan sesuai dokumen perencanaan
7.1 Tersedianya dokumen perencanaan sesuai ketentuan
  Dokumen perencanaan : Rencana kerja, Rencana Aksi, Rencana Kerja dan Anggaran
7.2 Terlaksananya monitoring program dan kegiatan
  Kegiatan Monitoring terhadap capaian kinerja program dan kegiatan melalui rapat koordinasi
Program 8: Meningkatnya evaluasi internal kinerja pegawai
8.1 Terlaksananya monitoring capaian kinerja pegawai dan organisasi setiap triwulan
  Monitoring dan Evaluasi Capaian Kinerja pegawai dilaksanakan dalam bentuk Rapat koordinasi di setiap triwulan.
8.2 Meningkatnya tindak lanjut hasil monitoring
  Hasil monitoring dan evaluasi yang telah dilakukan sebelumnya terhadap kinerja pegawai, baik yang berkinerja baik maupun kurang kemudian ditindaklanjuti oleh Camat yang telah dikoordinasikan dengan Sub Bagian Kepegawaian.
Program 9: Meningkatnya kualitas laporan kinerja
9.1 Terverifikasinya laporan kinerja pegawai oleh bagian organisasi
  Dokumen yang diverifikasi oleh Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kab. Gowa yaitu Laporan
Kinerja beserta lampiranlampirannya.
9.2 Tersedianya laporan kinerja pegawai sesuai ketentuan
  Laporan Kinerja beserta lampiran - lampirannya (Dokumen SAKIP)
Program 10: Meningkatnya transparansi kinerja pegawai
10.1 Tersedianya media informasi publikasi laporan kinerja
  Publikasi Laporan Kinerja Instansi Pemerintah hanya melalui e-SAKIP Kabupaten Gowa.
Program 11: Meningkatnya pegawai dengan kinerja baik
11.1 Terlaksananya penghargaan kepada pegawai
  Pemberian penghargaan terhadap pegawai di Kecamatan Tompobulu sebagai bentuk apresiasi terhadap kedisiplinan, prestasi dan loyalitas pegawai terhadap instansi dilaksanakan di akhir tahun 2024.